H Welcome To Our Site

Ketika negeri ini terpuruk dalam krisis ekonomi yang berkepanjangan, imbasnya sangat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kelompok masyarakat yang sangat merasakan akibatnya adalah mereka yang ada dalam golongan masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah dan mereka yang tinggal di kota besar (Jakarta dan sekitarnya) dengan tingkat pemenuhan kebutuhan sehari-hari yang sangat tinggi. Derita dan beban hidup yang dipikul sangatlah berat. Kehilangan mata pencaharian, kebutuhan hidup yang menuntut untuk dipenuhi dan biaya hidup yang meningkat membuat pendidikan tidak lagi mendapat prioritas bagi sebagian masyarakat.

Akibatnya dapat kita lihat di lingkungan sekitar kita. Ribuan anak putus sekolah, kekerasan hidup membuat semakin meningkatnya anak-anak di jalanan dengan berbagai pekerjaan seadanya : pengamen, mengemis, bahkan mencopet, dan sebagainya, terjerat narkoba, pelecehan sexual bahkan penganiayaan. Semuanya itu menghancurkan hidup mereka dan membuat mereka kehilangan harapan akan masa depan.

Terpanggil untuk mempedulikan masa depan anak-anak dan generasi muda, untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang handal dan tangguh dalam menghadapai era globalisasi, Yayasan Mahanaim mengambil beban ini. Bersama-sama membantu pemerintah daerah setempat untuk mencapai cita-cita bangsa yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Sebagai realisasinya, berkat Anugerah Tuhan Yesus Kristus, Yayasan Mahanaim mendirikan sebuah sekolah, yaitu : Sekolah Mahanaim.

Sekolah Mahanaim memfokuskan penerimaan siswa bagi mereka yang secara ekonomi sangat tidak mampu. Dengan target penerimaan sampai mencapai 50% keatas merupakan siswa dengan latar belakang ekonomi sangat tidak mampu, kemampuan akademis yang rendah dan anak-anak bermasalah. Di Sekolah Mahanaim, semua guru-guru dan warga sekolah mengerjakan penanaman nilai, memperkenalkan Tuhan, dan melatih mereka dalam kemampuan akademis dan ketrampilan di bidang non akademis lainnya. Dari tahun ke tahun, kami melihat begitu banyak anak yang tadinya tidak memiliki harapan dan mimpi akan masa depan karena berbagi kondisi, mulai disembuhkan dan kembali memiliki semangat hidup. Mereka berjuang dengan air mata, mereka memilih dengan tepat bagaimana melewati kesulitan-kesulitan hidup dan mereka mencapai keberhasilan.

Tahun 2002 – 2005 Sekolah Mahanaim berjalan dimulai dengan jenjang sekolah Dasar. Kemudian berkembang dan mulai membuka Play Group, Taman Kanak-kanak,SMP dan SMA.

  • PLAYGROUP dan TAMAN KANAK - KANAK
    1. Tahun Berdiri Playgroup : 2006
    2. Tahun Berdiri TK : 2004
    3. Status Sekolah : Terakreditasi A (13 Desember 2007)
  • SEKOLAH DASAR
    1. Tahun Berdiri SD : 2002
    2. Status Akreditasi Sekolah :
      • ’A’ (30 Desember 2005)
      • ’A’ (21 Desember 2013)
  • SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
    1. Tahun Berdiri SD : 2004
    2. Status Akreditasi Sekolah :
      • ‘A’ (13 December 2007)
      • ‘A’ (28 October 2011)
  • Sekolah Menengah Akhir ( SMA )
    1. Tahun Berdiri SMA : 2005
    2. Status Akreditasi Sekolah :
      • ‘A’ (3 November 2008)
      • ‘A’ (21 December 2013)
  • SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
    1. Tahun Berdiri : 2005
    2. Status Akreditasi Sekolah :
      • Program Keahlian Pemasaran Akreditasi B
      • Program Keahlian Animasi Akreditasi A
      • Program Keahlian Akomodasi Perhotelan baru berdiri tahun 2016/2017, belum terakreditasi
      • Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata, baru berdiri tahun 2016/2017, belum terakreditasi

Kami percaya bahwa setiap anak adalah berharga, sesuai motto kami “Everyone Is Precious”.Sehingga kami memperlakukan setiap anak atau siswa tidak sama, karena mereka memiliki keunikan. Mereka memiliki kelemahan dan kekuatan masing-masing. Kami membantu untuk mereka bisa mengurangi kelemahan mereka dan mengasah kekuatan mereka agar jadi tajam di bidangnya.

VISI

Mempersiapkan generasi bangsa dan pemimpin yang takut akan Tuhan, yang memiliki pengetahuan, pengertian dan hikmat, berprestasi di bidangnya serta memiliki karakter yang berkenan kepada Allah.

MISI

  1. Memberikan kepada setiap siswa pendidikan menyeluruh yang bermutu, diwarnai dengan pembinaan karakter didalamnya
  2. Menggali dan mengembangkan bakat/talenta dan potensi yang Tuhan percayakan dalam diri setiap siswa
  3. Memupuk dan mengembangkan kreativitas siswa yang disertai dengan cara berpikir yang analitis.